Sabtu, 31 Januari 2009

BB KING OF THE BLUES


BB King (lahir Riley B. King, 16 September 1925) adalah Amerika blues gitar dan singer-songwriter. Gempita dan popularitas yang ada melengkapi reputasinya sebagai salah satu musisi blues yang paling dihormati dan sukses. Majalah Rolling Stone menobatkan dia sebagai urutan ketiga besar dari "100 greatest guitarists of all time".
Karir
BB King tiba di Memphis untuk pertama kalinya pada 1946 untuk bekerja sebagai musisi, tetapi setelah beberapa bulan dia kembali ke Mississippi. Dia memutuskan untuk mempersiapkan dirinya lebih baik untuk kunjungan berikutnya dan kembali ke Memphis dua tahun kemudian. Awalnya dia bekerja di daerah R & B saluran radio WDIA sebagai singer dan disc jockey di mana dia mendapat nama panggilan "Beale Street Blues Boy", kemudian diperpendek menjadi "BB". Saat itulah pertama kali dia bertemu T-Bone Walker - "Setelah saya mendengar dia untuk pertama kalinya, saya tahu saya akan memiliki sebuah gitar elektrik sendiri”. Di tahun 1949, King mulai merekam lagu-lagu di bawah kontrak dengan Los Angeles berbasis RPM Records. Awalnya, King rekaman diproduksi oleh Sam Phillips, yang kemudian mendirikan Sun Records. Sebelum kontrak dengan RPM, King telah bekerjasama dengan Bullet Records dengan meluncurkan singel "Miss Martha King" (1949), yang mendapat tanggapan kurang bagus di majalah Billboard .
"Saya pertama rekaman [pada tahun 1949] adalah dengan sebuah perusahaan dari Nashville bernama Bullet, the Bullet Record Transcription company " Kata King. "Saya mempunyai semangat pada sesi pertama. Saya dibantu Phineas Newborn pada piano; ayahnya bermain drum, dan saudaranya, Calvin, bermain gitar dengan saya. Saya juga dibantu Tuff Green pada bass, Ben Branch di tenor saksofon, saudaranya Thomas Branch pada sangkakala, dan seorang gadis pemain trombon.
Pada tahun 1950-an, BB King menjadi salah satu nama yang paling penting di Musik R & B , dan masuk dalam daftar hits yang paling mengesankan "You Know I Love You", " Woke Up This Morning," "Please Love Me", " When My Heart Beats like a Hammer, "" Whole Lotta Love, "" You Upset Me Baby, "" Every Day I Have the Blues "," Sneakin 'Around "," Ten Long Years, "" Bad Luck "," Sweet Little Angel " " On My Word of Honor," dan " Please Accept My Love." Pada tahun 1962, BB King menandatangani kontrak dengan ABC-Paramount Records, yang kemudian dilanjutkan ke MCA Records, dan kemudian dengan label, Geffen Records.
Pada bulan November 1964, King rekaman album Live at the Regal di Regal Theater Chicago, Illinois.
kehidupan pribadi

King mempunyai dua orang anak. Putranya Alfred King dan Nora Ella King, BB King memiliki dua isteri: Martha Lee Denton, 1946 sampai 1952, dan Sue Carol Hall, 1958 sampai 1966. Kedua pernikahan berakhir karena tuntutan yang berat karena King harus tampil 250 kali setahun. Kabarnya bahwa dia telah menjadi ayah dari 15 orang anak dari wanita yang berbeda-beda.
King mempunyai lisensi pilot, dikenal penjudi, seorang vegetarian, tidak minum, dan non-perokok. Dia telah hidup dengan Type II Diabetes selama lebih dari dua puluh tahun dan merupakan juru bicara dalam memerangi penyakit ini, serta muncul iklan untuk produk-manajemen diabetes.
Penyanyi Favoritnya adalah Frank Sinatra.
Dalam permainan gitarnya, King tidak dapat bermain chords dengan sangat baik, tetapi dia selalu bergantung pada improvisasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar